ppid - klinik pendidikan

FlashNews



UNDUH PROSEDUR, JADWAL DAN KISI KISI UNAS 2013


klik disini HASIL JUARA LKS JATIM 2013
klik disini tentang LKS JATIM 2013
(UPDATE & REVISI)
klik disini file JUKNIS BOS 2013
klik disini file BAHAN SOSIALISASI UNAS 2013


KOORDINASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI JAWA TIMUR

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan Koordinasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Di Jawa Timur 2013 dengan mengundang Ka.Subag Tata Usaha dan Ka. Subag Penyusunan Program Dinas Pendidikan di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Acara berlangsung di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, mulai 7 Maret - 8 Maret 2013.

Dalam kesempatan ini hadir dipaparkan kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur dalam peningkatan pelayanan pendidikan di Jawa Timur dengan narasumber Ka. UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aziz Budi Hariyanto, S.E. M.Si, Joko Widodo, Kang Hari Santoso Motivator, Ir. Arif Muntasa, MT, dan Ir.Hayyi Syaiful Bahri, M.MT.

Diharapkan nantinya dengan koordinasi ini bisa menumbuhkan wacana bagi Dinas Pendidikan Kab/Kota agar bisa membentuk layanan informasi bagi publik di tingkat Kab/Kota.


PEMBUKAAN LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK KE XXI SE JAWA TIMUR TAHUN 2013

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi resmi dibuka Selasa, 5 Maret 2013 bertempat di Jatim Expo Surabaya. Acara pembukaan LKS yang sedianya dibuka oleh Gubernur Soekarwo ini dihadiri oleh Direktur Pembinaan SMK , Ir. Anang Cahyono, MT, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Harun, M.Si, MM dan Kepala Bidang Dikmenjur Perti, Gatot Gunarso berkesempatan memberikan sambutan pada acara pembukaan LKS kali ini. Dalam sambutannya, Anang Cahyono, mengatakan ajang LKS merupakan sebuah wadah bagi para siswa siswi SMK untuk beradu kemampuan sesuai dengan kompetensi yang diberikan di sekolah, seperti IT, wirausaha, otomotif, dan keahlian bidang lain, sehingga bisa bersaing di tingkat Internasional.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, saat membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Timur, mengatakan bahwa Provinsi Jawa Timur siap bersaing menghadapi tantangan global dalam sector perekonomian pada tahun 2015 dan untuk menghadapi tantangan di Bidang Pendidikan,Pemprov Jatim akan membangun gedung baru SMK dan juga menambah ruang kelas baru SMK. Pembukaan LKS ke XXI ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Direktur Pembinaaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Bidang Dikmenjur Perti Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Dalam LKS ke XXI ada 41 bidang kompetensi keahlian yang dilombakan, 5 bidang sains terapan , 5 bidang bahasa, 5 bidang olahraga yang diikuti oleh 896 peserta untuk bidang teknologi, bisnis manajemen dan pariwisata. Sementara itu, 98 regu akan berlomba di bidang bahasa dan 71 regu akan bertanding di bidang olahraga. LKS ke XXI akan berlangsung sampai Kamis, 7 Maret 2013 dan diperkirakan 4000 orang lebih dari luar kota yang akan hadir di Surabaya dan Sidoarjo, termasuk Kepala Sekolah dan Guru Pendamping.


UJIAN SEKOLAH DAN UJIAN NASIONAL UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Sekitar 800 siswa peserta didik berkebutuhan khusus yang memiliki karakteristik, perkembangan dan pertumbuhan berbeda, akan mengikuti Ujian Sekolah bagi siswa SDLB dan Ujian Nasional bagi siswa SMPLB dan SMALB.

800 siswa peserta didik berkubutuhan khusus yang berasal dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur terdiri dari siswa tuna netra, yaitu siswa yang mengalami lemah penglihatan atau akurasinya kurang dari 6/60. Siswa tuna rungu, memiliki gangguan pendengaran. Tuna wicara, memiliki gangguan dalam berbicara. Siswa tuna grahita, memiliki kemampuan intelegensi yang signifikan berada dibawah rata-rata dan disertai dengan ketidak mampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Tuna daksa, siswa yang memiliki gangguan gerak disebabkan kelainan neuro-muskular, struktur tulang bersifat bawaan, sakit akibat kecelakaan, termasuk karena cerebral palsy, amputasi, polio, dan lumpuh. Tuna laras, megalami kesulitan dalam penyesuaian diri, sehingga merugikan dirinya sendiri maupun orang lain yang tidak sesuai norma-norma yang berlaku dalam lingkungan kelompok usia, maupun masyarakat pada umunya. Tuna ganda, siswa memiliki kelainan dalam segi jasmani, keinderaan, mental, social dan emosi, sehingga untuk mencapai perkembangan kemampuan optimal diperlukan pelajaran khusus dalam pendidikan medis dan lain sebagainya.

Menurut Kabid TK/SD/PK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Drs. Nuryanto, M.Si., untuk persiapan menjelang US dan UN, para pengelola/Kepala Sekolah SDLB/SMPLB dan SMALB, selama tiga hari ini bertempat di hotel Filadelfia Kota Batu, mereka membahas mata pelajaran yang masuk US maupun UN untuk tahun ajaran 2012/2013.


Dedicated Cloud Hosting for your business with Joomla ready to go. Launch your online home with CloudAccess.net.